Thursday 27 June 2013

BBM Campuran, Demi Tuhan vs The Bad Intruder


Masyarakat Indonesia bulan-bulan ini sedang dihebohkan dengan video lagu editan atau apalah namanya buatan Eka Gustinawa Putra. Diapaaine mang? Ya,tidak salah lagi lagu-lagu buatannya adalah editan dari video-video seperti video gossip, video reality show, ataupun video siaran berita. Sebut saja video dari Arya Wiguna yang sempat sensational dengan “Demi Tuhan”-nya. Video yang menurut saya biasa saja (hahhaha) disulap menjadi lagu yang yah ear-catching dan easy-listening buat kuping-kuping sebagian besar orang Indonesia. Belum lagi video-video artis lain (lain? Arya wigunaartiskah? Hahhaha) seperti video soimah yang coak (sukajerit-jerit-jawa), video dedy combuzier yang kepalanya gondrong dan video Jeremy tetty, penyiar yang agak centil (hahha). 
 
 "Demi Tuhan" Arya Wiguna                         

 
" BBM Campuran" Jeremy Teti                      


Sang Peng-edit Video, Eka Gustinawa Putra



 
Sempatkah agan berpikir?
Anda:    Video kayak gitu baru pertama kali ya di youtube?
Satu-satunya ya dari Indonesia?
Kalo agan adalah youtubers sejati yang suka lihat channel-channel luar negri, kemungkinan besar agan akan menjawab
Youtubers: “Nggaklah, udahadakok video kayak gitu dari jaman doeloe”.
Anda:    Serius???? Mane??? (Orang betawini yang nanya)
Youtubers: “Ni tong klik ya video di bawah ni, download aje sekalian yak kalo mau mah”
 
 "The Bed Intruder"
 
 "The Bed Intruder" High Sound Quality-nya gan
 

Nah ude liatkan tong. Bijimana? Ear-catching kaga tuh tong? Demen kagak?
Anda: Mau liat video aslinya dah bang, ada kagak ni?
Youtubers: nih jabanin dah, gue kasini video aslinya….
 
Video asli "The Bed Intruder" sebelum diedit





(Pake Bahasa Indonesia yang baik dan benar)……………
Itu, nama cowo yang ada di video namanya Antonie Dodson. Dia, tahun 2010, mengalami musibah di rumahnya di Huntsville, Alabamma. Waktu itu ada sekelompok anak-anak geng yang coba mecahin kaca jendela dan masuk rumah doi. Anak-anak itu mau memerkosa kakanya si doi tapi  untungnya doi berhasil nyelametin kakak perempuannya. Nah sesaat setelah peristiwa itu, rumah doi didatengin ama NBC (TV local di sana), di sana-lah doi diwawancara sama Elizabeth Gentle (sang reporter).
Antoine Dodson
Hasil rekaman wawancara itu ditayanginlah di TV (iyalah masa’ di radio). Nah waktu ditanyangin, The Gregory Brother denger. Siapatuh The Gregory Brother? Mereka itu artist pencipta auto-tuned song. Nah kerena mereka kreatif, di-editlah tuh lagu sampai hasilnya kaya video yang di atas. 
The Gregory Brothers

Sang Pengedit "The Gregory Brothers"
Setelah beredar beberapa minggu di youtube, video ituj adi sensational gan. Kemudian The Gregory Brother bikinlah proyeklagu dengan judul “The Bed Intruder” dan dijual di i-tunes. Di i-tunes pun lagu mereka jadi sensational, tercatat telah terjual 250.000 copi. Hebat banget kagatuh? Dan yang lebih hebatnya lagi ni, lagu itu sempat muncul di billboard hot 100 list, settttttt dah, macan banget ni orang.
Karena saking populernya lagu ini nih, beberapa band pun sampai meng-cover ni lagu seperti band punk yang digawangi Williams (paramore),  Jordan Pundik of New Found Glory, Ethan Luck of Reliant K, dan musisi lain seperti Tony Lucca. Ajiiibbbbbb!!!!!!!!!!!!!!

 
Tony Lucca's Cover on The Bed Intruder

 
Another cover tapi ane lupa siapa yang cover hahha
Terus bijimana nasib si-penyayi sendiri Antonie Dodson? Wooo,,,doi jadi sangat terkenal gan. Mulai dari masuk TV local, show-show di radio di Australia, buat fans club di LONDON, bikin t-shirt, tampil di BET HIP Hop Awards, dapet penghargaan “Video of the Year”, ikut project lagu “Lopez Tonight,”dan juga project-project lain seperti aplikasi iPhone dan android.
Gimana gan, udah clear kan sekarang. Jadi Indonesia bukan yang pertama kali buat video kaya gitu. Video yang biasa disebut auto-tuned video itu juga pernah dibuat sama The Gregory Brothers pada tahun 2010. Tapi gan, ane tetep salut gan sama Mas Eka Gustinawa Putra, doi kreatif abis gan. Salute gan!!!!! Semoga anak-anak bangsa bisa juga kreatif seperti doi di bidang-bidang lainnya gan. Selamat malam gan! Salam Menulis!



No comments:

Post a Comment